Rabu, 13 Juni 2012

CERITA NABI SULAIMAN MENDEGAR KATA LANDAK




Suatu hari Nabi Sulaiman diberi air oleh Raja Jin Air sebuah bejana kecil yang berisi air. Nabi Sulaiman pun bertanya kepada menteri beginda yang bernama Asad. Maka menteri baginda Asad menjawab “Ya, air ini lebih baik kau minum, agar kamu dapat hidup kekal hingga hari kiamat”.
Maka Nabi Sulaiman pun bertanya pula kepada menteri baginda Jin yang bernama Afrit, dan menteri baginda Jin menjawab “Minumlah air ini, agar penyakit di tubuhmu hilang”.
Maka Nabi Sulaiman pun bertanya kepada menteri bernama Burung Ukab. Nabi Sulai.man berkata “ Haruskah hamba meminum air ini?”, Maka menteri Ukab menjawab “Lebih baik hamba minum, agar penyakit di tubuhmu hilang”.
Maka Nabi Sulaiman pun bertanya kepada menteri Asad, “Hai menteriku, Apakah aku harus meminum air ini atau tidak”, jawab menteri Asad “Ya, baiklah tuan minum air ini, supaya penyakit di tubuh tuan hilang, namun untuk lebih jelasnya tuan bertanya kepada binatang landak yang terlebih bijaksana dan berakal”.
Nabi Sulaiman pun bertanya, “dimanakah landak itu?”, jawab menteri Asad “Landak itu ada di dalam lubangnya”. Lalu Nabi Sulaiman mengutus kudanya untuk memanggil landak, tetapi kudanya kembali tanpa membawa landak itu, Nabi Sulaiman pun marah dan beliau mengutus anjingnya untuk memanggil landak itu “Jika dia tidak mau paksa dia, baik secara halus maupun kasar” kata Nabi Allah Sulaiman. Maka hendak landak pun berlari-lati mendatangi dan menghadap Nabi Sulaiman.
“Apakah manfaat jika saya meminum air ini?” kata Nabi Sulaiman, Landak pun menjawab “kelak air itu daparr membuat hidup tuan menjadi kekal hingga akhirat, namun juga ada pengaruh buruknya bagi tuan”. “Apakah pengaruh buruknya?” Tanya Nabi Sulaiman, jawab Landak “kelak istri, cucu, cicit, sahabat, serta bala tentara tuan akan mati duluan”, “apakah gunanya air itu?” Tanya Nabi Sulaiman.
Lalu dilemparkannya air itu ke tanah oleh Nabi Sulaiman.

Pertanyaan :
1. Sebutkan tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita Nabi Sulaiman Mendengar Kata Landak!
2. Apakah nilai moral yang ada di dalam cerita di atas?

Jawab :
1. Nabi Sulaiman, Landak, menteri baginda Asad, menteri baginda burung Ukab, menteri baginda Jin Afrit
2. Nilai Moral :
     - Bertanyalah terlebih dahulu jika belum mengetahui apa manfaatnya
     - Jangan menjadi orang yang terburu-buru dalam bertindak

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More